Rabu, 02 Desember 2015

SAMBILOTO

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai guys, ini baru sempet posting lagi, kali ini saya akan posting tentang ramuan-ramuan herbal dari daun sambiloto/sambiroto yang terkenal pahitnya itu. Hehehe untuk yang mau coba dipersilahkan insyaALLAH tidak berbahaya.


Sambiloto atau nama latinnya Andrographidis Herba, atau dikenal dengan nama tanaman asalnya yaitu Andrographis paniculata (Nees) dari keluarga Acanthaceae ini bisa digunakan sebagai obat kuat (tonikum), penurun demam (antiperiutik), pelancar air seni (diuretik) dll. Sambiloto mengandung semacam zat pahit yang namanya andrografolida yang rasanya sangat pahit itu dan kalmegin sebagai zat amorf.



Berikut beberapa ramuan yang saya ketahuai dengan bahan sambiloto:

1.Untuk demam

Daun sambiloto yg masih segar 1 genggam  kemudian ditumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih (matang) kemudian saring lalu minum langsung sampai habis. Daun sambiloto segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal untuk badan yg panas.

2.Darah tinggi

Daun sambiloto segarsebanyak 5-7 lembar dicuci dan diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk setelah dingin minum sekaligus, lakukan sehari 3x.

3.Sakit gigi

Herba atau simplisia sambiloto segar sebanyak 9-15 gram direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin disaring, lalu diminum 2x sehari 1/2 gelas.

4.kencing manis

Daun sambiloto segar 1/2 genggam dicuci lalu direbus dg 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Kemudian setelah dingin lalu disaring dan diminum sehabis makan, 3 kali sehari 3/4 gelas.

Sekian guys yang saya posting, semoga bermanfaat dan jadi alternatif kalau tidak ingin obat kimia.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar